Agribisnis Indonesia by Noer Rachman Hamidi

Budidaya Tanaman Zaitun

Posted by Noer Rachman Hamidi


Dalam ‘Mencari Berkah Yang Hilang’, yang antara lain menjelaskan berkah sebagai sesuatu yang mengandung kebaikan yang amat sangat banyak. Malam yang berkah nilainya sekitar 29,500 kali dari malam yang lain, shalat di Masjidil Haram di kota Mekah yang diberkahi – nilainya bahkan 100,000 kali dari sholat di tempat yang lain. Bayangkan bila kita bisa menghadirkan keberkahan itu ke sekitar kita, antara lain melalui pohon yang diberkahi.

Menggunakan analogi nilai malam Lailatul Qadar dan kota Mekah yang diberkahi tersebut, insyaAllah akan memudahkan kita untuk bisa memahami bagaimana pohon yang diberkahi – yaitu zaitun – itu bisa menjadi berkah yang amat sangat banyak, yang nilainya puluhan ribu sampai seratus ribu kali pohon yang lain.
Untuk bisa berbagi memahami bagaimana keberkahan pohon zaitun itu dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pohon zaitun yang berumur 1 tahun seperti pada gambar dibawah, Alhamdulillah bisa dengan relative mudah menghasilkan 3 pohon zaitun baru dengan teknologi micro-cutting di salah satu cabang atau rantingnya. Teknik ini hanya memerlukan 4 sampai 6 ruas daun (sekitar 10 cm) cabang atau ranting untuk bisa menjadi bakal pohon baru.

Setelah tahun ini (pohon usia 1 tahun)  menghasilkan 3 pohon baru, tahun depan insyaAllah akan ada minimal 3 cabang yang bisa dipotong lagi masingmasing menjadi 3 bibit baru. Artinya pohon yang setahun sekarang, ketika usianya dua tahun dia bisa menghasilkan 9 pohon baru plus 3 dari tahun sebelumnya, begitu seterusnya.

Dalam tujuh tahun sampai tahun 2020, satu pohon zaitun yang sekarang berumur satu tahun setelah beranak-pinak, insyaallah bisa menghasilkan sekitar 7 juta pohon. Ini dimungkinkan dengan teknik micro-cutting – yang hanya membutuhkan cabang/ranting kecil sepanjang sekitar 10 cm yang terdiri dari 4-6 ruas daun tersebut di atas.
Pekerjaan yang sangat besar dan berat yang tentu saja tidak bisa dilakukan sendiri. InsyaAllah pekerjaan besar tersebut akan kami share ilmunya dan bibitnya sehingga bisa dilakukan rame-rame oleh masyarakat luas. Pekerjaan besar lainnya adalah menemukan lahan di mana kita dapat bersama-sama menanam pohon tersebut nantinya.

Diperlukan luasan lahan sekitar 43 juta hektar untuk menanam pohon sejumlah ini atau sekitar 5 kali luasan tanaman kelapa sawit yang ada di Indonesia saat ini.
Tidak mungkinkah memperoleh luasan ini ? mungkin sih mungkin tetapi tentu tidak akan mudah karena 43 juta hektar lahan adalah setara kurang lebih 22 % dari luasan Indonesia. Bukan berarti kita akan menanami 22 % lahan Indonesia dengan zaitun, tetapi matematika ini untuk menunjukkan bahwa bahkan kalau kita mau memenuhi Indonesia dengan pohon zaitun-pun; benih yang sekarang ada sangat cukup untuk melakukannya.

Belanda hanya perlu membawa empat benih sawit untuk kemudian Indonesia menjadi produsen sawit terbesar di dunia dalam beberapa ratus tahun kemudian. Yang kita miliki kini bukan hanya empat benih, tetapi seribu benih – yang penggandaannya dengan micro-cutting bisa jauh lebih cepat ketimbang penggandaan sawit. Artinya secara matematis-pun menjadi sangat mungkin untuk menanam zaitun dengan cara yang se masif penanaman sawit.

Lebih dari itu zaitun adalah pohon yang diberkahi yang kabarnya langsung datang dari Yang Maha Tahu.

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahayaNya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaanperumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS 24:35).

Maka bila diperlukan ratusan tahun untuk menjadikan Indonesia produsen sawit terbesar di dunia, hanya perlu waktu sekitar 10 tahun bagi Indonesia untuk menyamai produksi minyak zaitunnya sama besar dengan produksi minyak sawit sekarang.

Data produksi minyak tersebut di atas hanya sampai tahun 2020 ketika mayoritas pohon belum berbuah, semua  pohon insyaAllah akan berbuah dalam empat tahun kemudian atau tahun 2023 - yaitu saat zaitun bisa menggantikan sawit kita sekarang.

Inilah barangkali bentuk keberkahan yang seharusnya bisa kita raih itu. Zaitun  tidak memerlukan pabrik untuk membuat minyaknya, artinya masyarakat bisa lebih mudah di-encourage untuk menanamnya dan mengolahnya sendiri. Jadi keberkahan itu bener-bener menjadi hak semua orang. Untuk lebih memudahkan cara melakukan "Pembibitan Zaitun dengan cara Micro Cutting", kita dapat simak dalam video di bawah ini:



Bahwa zaitun adalah pohon yang banyak berkahnya – itu sudah pasti benarnya karena Allah sendiri yang mengabarkannya, matematika di atas hanya alat bantu kita untuk memahami bagaimana keberkahan yang sangat banyak itu bisa kita hadirkan di sekitar kita. Tehnik micro-cutting untuk melipat gandakan pohon zaitun dari setiap 4-6 ruas daun tersebut insyaAllah juga akan menjadi bagian dari pelatihan di komunitas www.agribisnis-indonesia.com setelah seluruh hasil eksperimen kami menunjukkan hasil yang stabil. InsyaAllah.

www.agribisnis-indonesia.com

Description: Budidaya Tanaman Zaitun
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Budidaya Tanaman Zaitun
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Budidaya Tanaman Zaitun ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://www.agribisnis-indonesia.com/2014/02/budidaya-tanaman-zaitun.html

Bookmark and Share

74 comments... Baca dulu, baru komentar

vinola said...

mengutip tulisan saudara diatas "Pekerjaan yang sangat besar dan berat yang tentu saja tidak akan kami lakukan sendiri. InsyaAllah pekerjaan besar tersebut akan kami share ilmunya dan bibitnya sehingga bisa dilakukan rame-rame oleh masyarakat luas. Pekerjaan besar lainnya adalah menemukan lahan di mana menanam 7 milyar pohon tersebut nantinya."
artinya saudara siap membagi dg GRATIS TIS Bibit dan Ilmu penanaman & pemeliharaan ZAITUN nya.
bila benar niat baik anda di tulisan blog ini adalah benar adanya, maka saya mengajukan untuk menerima niat baik anda berbagi Bibit & ilu zaitun tsb.
tidak perlu banyak cukup 10 Bibit setinggi 30cm agar bibit tsb dapat hidup karena Zaitu sangat sensitiv terhadap perubahan suhu saat masih kondisi peranakan.
untuk membuktikan niat baik anda tsb silahkan hubungi email saya untuk alamat pengiriman BIBIT ZAITUN yang anda janjikan untuk di bagi tsb ke budivinola@yahoo.com
terimakasih

Noer Rachman Hamidi said...

Bila lahan sudah tersedia, kami siap untuk bekerjasama menanam zaitun dengan pola mudarobah.

InsyaAllah dengan kerja bersama dalam ilmu dan amalan, kita dapat membangun kemakmuran umat bersama.

Mohon informasi mengenai lokasi dan luas lahan yang akan kita tanami bersama.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Noer Rachman Hamidi.

Muhammad Asfar said...

Asslamu Alaikum, Sangat Menarik...Bagaimana Kiranya Untuk Mendapatkan Bibit Tersebut..?? Saya Di Daerah Sulawesi Ingin Sekali Mengembangkan Usaha Tersebut.. Khoiran Insya Allah

Email Saya acepart@gmail.com

nofriyaldi putra said...

Assalamualaikaum, bagaimana cara mendapatkan bibit pohon zaitun tersebut, saya ingin sekali mengembangkannya...say tinggal di jambi

nofriyaldidekaputra@gmail.com

rizki senjani said...

Assalamualaikum....bagaimana kriteria lahan yg bagus utk d tanami zaitun pk....saya seorg BMI di hongkong...dg uang yg saya kumpulkan...insyaallah saya tertarik utk budidaya zaitun...kebetulan juga agak bingung bagimana mengatur uang yg saya kumpulkan...soalnya kebanyakan dr kami para BMI blm bnyk tau ttg bisnis...jd meskipun gaji besar kebanyak uang nya habis utk kebutuhan konsumsi...makanya, insyaallah uangnya akan sy gunakan utk hal yg lebih bermanfaat jd mohon bantuannya pak.. Terimakasih

rizki senjani said...

Email ke rizkisenjani@gmail.com

izzul's galery said...

Ana tertarik dan azzam sekali untuk ikut mengembangkan dan membudidayakan Pohon Zaitun, dan concern ana memang fokus pada tanaman2 yang diabadikan Alloh dalam kitabnya al-Qur'anul kariim. Selama ini ana memang mengembangkan tanaman Pohon Tin dengan berbagai varietas (lihat www.dauntinsehat.com). Belum lama ini ana telah mendapatkan Pohon Zaitun di Batu jatim yang harganya masih relatif mahal. Ana bersedia dan senang hati bila dilibatkan untuk ikut pengembangan dan pembudidayaan Pohon Zaitun dalam kerangka ibadah. Bisa menghubungi ana di abuizzul@yahoo.com, WA/SMS 08585258658 atau Pin BB 29E12EC5

daud yusnandi said...

Insya Allah saya juga sejak lama berencana klu pulang ke Indonesia mau bawa pohon zaitun, sya menemukan blog ini karena masih bingung bagaimana cara pemeliharaannya.

masdur said...

Assalamualaikum, pak mohon bs dishare lebih lanjut terkait budidaya zaitun ini termasuk cara mendapatkan bibitnya ke masdur@gmail.com terima kasih.

Gunawan Tri Atmaja said...

Assalammualaikum, semoga cita2 bapak bisa tercapai, bisa di share bagaimana cara memperbanyak tanaman zaitun dengan cara microcutting Pak?kalau berkenan bisakah saya mendapatkan bibit zaitunnya pak...

MasJaf said...
This comment has been removed by the author.
MasJaf said...

Alhamdulillah mungkin ini jalan untuk dari umat dan untuk umat. Saya baru mendapatkan 1 bibit pohon zaitun tp masih minim pengetahuan tentang pembudidayaannya. Saya sangat berminat untuk mengikuti pelatihan seperti yg dijabarkan diatas. Mohon infonya lebih lanjut, email saya lexstho@gmail.com
Jazzakallah....

Niko Siameva said...

Kami di banjarnegara siap dan tertarik mohon info lebih lanjut nikosiameva99@gmail.com

Niko Siameva said...

Kami di banjarnegara siap dan tertarik mohon info lebih lanjut nikosiameva99@gmail.com

oty ijot said...

Mohon infonya dimana bs memembeli bibit pohon zaitun?

Husni Tamrin said...

Amiin..ya rabbal 'alamin, sepakat sy di sulawesi insyaallah ada lahan ga luas cm 4 ha. kampayekan, perangi kapitalis sawit yg buat untung sendiri.bagi infonya di tamrin.rajadut@gmail.com wassalam

Wono Sobo said...

Artikel yg memberi inspirasi

Wono Sobo said...

Pohon sawit masa produktif antara 5 s.d. 15 tahun itupun dengan perawatan yang ekstra,sedangkan zaitun dengan kebesaran Allah Swt dapat hidup sampai ratusan tahun, jadi dapat diwariskan dari generasi ke generasi.
Semoga niat baiknya terkabulkan, amiin

Wono Sobo said...

Pohon sawit masa produktif antara 5 s.d. 15 tahun itupun dengan perawatan yang ekstra,sedangkan zaitun dengan kebesaran Allah Swt dapat hidup sampai ratusan tahun, jadi dapat diwariskan dari generasi ke generasi.
Semoga niat baiknya terkabulkan, amiin

FATHNIFARM said...

Saya ada lahan 4ha di garut kalau mau di jadikan proyek dg sistem mudharobah silahkan, bisa minta tolong dikirim prosedurnya ke fathnifarm@gmail.com

D. Prameswara said...

Assalamu'alaikum. Saya sangat tertarik untuk membudidayakan Zaitun. Akan tetapi selama ini masih berupa keinginan saja. Salah satunya terkendala bibit. Dimakanah kiranya untuk mendapatkan bibit Zaitun tersebut. Syukur-syukur jika ada di Malang dan harganya tidak terlalu mahal.

winda salimah said...

Assalamu'alaikum. Saya tertarik sekali untuk dapat membudidayakan tanaman zaitu di cibinong bogor, namun terkendala oleh bibit nya yang tidak saya ketahui cara mendapatkannya serta kurangnya ilmu tentang pembudidayaan tanaman zaitu. Mohon kiranya dapat membantu keinginan saya tersebut.

Terimakasih
Nda.sagenep@gmail.com

banpreskress said...

Assalamualaikum,,,
cocokkah pohon zaitun inii ditanam pada dataran rendah dengan suhu yg lumayan panas? Jika bisa,saya bisa dikirimi sampel bibitnya dikit dulu untuk coba dikembangkan bersama masyarakat disini. Nanti biaya kirim bibit kami yang menanggung. Mohon infonya di ahmad.muqorrobin@gmail.com

banpreskress said...

Assalamualaikum,,,
cocokkah pohon zaitun inii ditanam pada dataran rendah dengan suhu yg lumayan panas? Jika bisa,saya bisa dikirimi sampel bibitnya dikit dulu untuk coba dikembangkan bersama masyarakat disini. Nanti biaya kirim bibit kami yang menanggung. Mohon infonya di ahmad.muqorrobin@gmail.com

Rani Maharani said...

Assalamualaikum. Bagaimana saya bisa mendapatkan bibit pihon zaitun saya ingin sekali mengembangkannya

Ranimaharani373@gmail.com

Papoyz said...

Permisi, dimana saya bisa mendapatkan bibit zaitun ? Terima kasih

Raden Karduz said...

Saya ingin mendapatkan informasi ttg dimana lokasi untuk mendapatkan bibit zaitun, krn kalau memungkinkan untuk arboretum, krn saya pernah bekerja di instansi pengelolaan sungai.
Mohon kejelasan lokasi serta cara mendapatkan bibit tersebut. Terima kasih.

rio prasetyo said...

saya juga ingin membudidayakan tanaman ini untuk kemakmuran dan keberkahan kampung saya, tolong ya bagaima bagaimana saya bisa mendapatkan bibitnya

rio prasetyo said...

email saya rio513prasetyo@gmail.com

wuryanti said...

Saya juga pingin menanam bushzaitun. Gimana cara mendapatkan binbitnya. Wuriyanti
3@gmail.com

richard richelle said...

Saya memiliki pohon zaitun silver NN tinggi 1,7 diameter batang 15cm ditanam dalam pot. Kebetulan didatangkan langsung dari Lebanon.... saat ini saya sulit memperbanyak pohon tersebut. Micro cutting akan saya coba

miminmarwatul janah said...

info yang sangat menarik, saya jadi tertarik untuk berbudidaya zaitun, bagaimana cara menanam nya, tanah yang digunakn tanah apa? apa saja pupuk nya? dan cara mendapatkan bibit nya dari mana? mohon info selengkap nya pak, ke email miminmarwatul@gmail.com. terimakasih

kamarul ariffin said...

salaam....
saya dari malaysia.... mantan mahasiswa dari IAIN jambi berminat untuk menanm pokok zaitun.... email... Kabakkunna@gmail.com

PostDay LiveTime said...

Saya berminat untuk menanam pohon zaitun ini email : toplin1000@gmail.com

Iwan Asenk said...

assalamualaikum alhamdulillah saya tertarik untuk bekerjasama...mohon bimbingannya untuk bisa mmbudidayakan pohon zaitun
bisa kontak email iwan291083@gmail.com
hatur nuhun wasallam.

Ula Grace Rosyidah said...

Assalamu'alaikum, saya berminat untuk menanam pohon zaitun, mohon informasinya mengenai bibit dan budidayanya, ini email saya ulagracerosyidah@gmail.com. jazakAllah

Irham Maulana said...

Mari bersama mewujudkan lingkungan yang hijau dan nyaman untuk dirasakan. Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi? Kami sebagai perusahan kemasan makannan membuat produk ramah lingkungan untuk membantu mewujudkan lingkungan di indonesia agar lebih hijau dan nyaman. Lebih lanjut tentang kami di : http://www.greenpack.co.id/

Bang Royani said...

Assalamualaikum...
Saya ahmad royani asal dari bogor saya tertarik untuk menanam zaitun... mohon bantuannya, untuk contact lebih lanjut bisa di telp 081219712885 terima kasih

Mots said...

Assalamualaikum. Saya tertarik dg tanaman zaitun ini. Bila ada pelatihan untuk budidaya tanaman ini mohon informasinya di triasantasari@yahoo.co.id . Terimakasih sebelumnya.

Mots said...

Assalamualaikum. Saya tertarik dg tanaman zaitun ini. Bila ada pelatihan untuk budidaya tanaman ini mohon informasinya di triasantasari@yahoo.co.id . Terimakasih sebelumnya.

Hadi Wapper said...

Thanks infonya, sangat membantu.
Visit:
Travel Surabaya Malang bareng Nahwa Aja ya
PT NCS Jasa Pengiriman Barang dan Dokumen untuk Online Shop

adjie said...

Assalamu Alaikum,

saya sudah memiliki bbrp pohon zaitun, saya sangat tertarik dengan concept bisnis nya dan ingin menggali lebih jauh lagi spt apa concept bisnis nyaa.

mengembangkan zaitun dengan micro cutting, sungguh cara yang cerdas karena saya memperbanyak dengan process seedling import langsung biji nya dari kalamata greece, tapi tingkat keberhasilannya belum memuaskan.

mungkin bisa di email contact detail agar kita bisa duduk bersama mengembangakan tanaman yang barokah ini.

wassalam

Muhammad Ahda said...

Assalamu'alaikum, saya berminat dengan rubrik ini, dan saya memeiliki lahan +/-2,5ha, untuk itu saya sangat berminat sekali untuk menanam dan membudidayajkan pohon/tanaman zaitun ini, maka saya sangat memohon informasinya mengenai bibit dan budidayanya, dan cara mendapatkan bibit tanaman zaitun ini. Saya tinggal di Nagari Batu Hampar, kec. Akabiluru, kab. 50 kota, propinsi Sumatera Barat.

ini email saya mhd.ahda@gmail.com. jazakAllah khoiron katsiro, semoga Allah SWT menganugerahkan karunia dan kasih sayang-Nya kepada semua

Sellanilawas07 War said...

asalamualaikum wr wb
semoga niat baik menjadi berkah bagi semua makhluk, jujur sya sangat senang melihat artikel dan temen yg sudah koment,,, ini inspirasi bagi saya, karna ternyata msih bnyk orang yg semngat utk menjadi lbih baik...
YA ALLAH KABULKANLAH NIAT BAIK MEREKA, KAMI HANYA MAMPU MERENCANAKAN, DAN BERUSAHA SEBAIK MUNGKIN,, TETAPI ENGKAULAH YANG MEMUTUSKAN,,
YA ALLAH BERILAH KEMUDAHAN DARI SEGALA RINTANGAN, DARI SEGALA BAHAYA, RIDHOI DAN BERKAHI NIAT BAIK MEREKA, BERIKANLAH KEMUDAHAN BAGI SETIAP INSAN YANG BERJALAN LURUS ATAS AJARAN ROSUL DAN PERINTAHMU..
AAMIIN AAMIIN YA ROBAL A'LAAMIIN

WASALAMU'ALAIKUM WR WB

Ibrahim / Ibam said...

Untuk hasil buah zaitun nya bagaimana? Apakah hasilnya menguntungkan untuk sampai dibuat minyak zaitun?

yudha andana prawira said...

Assalamu alaikum.. saya tertarik dengan artikel ini dan ingin berupaya juga. namun saya tidak megetahui prosedur mendapatkan bibitnya. Terima kasih jika bersedia memberikan alamat. mohon dikirim lewat email: yudania3@gmail.com. Wassalamu alaikum, wr.wb

lare duzun said...

Assalamualaikum...saya tertarik sekali dg artikel ini dan ingin mengaplikasikan, kebetulan sy memilki kebun yg masih kosong.
Mohon infonya gimana cara mendapatkan bibit tersebut?
Ini email sy ahmadss99@yahoo.com
Trims,salam

lare duzun said...

Assalamualaikum...saya tertarik sekali dg artikel ini dan ingin mengaplikasikan, kebetulan sy memilki kebun yg masih kosong.
Mohon infonya gimana cara mendapatkan bibit tersebut?
Ini email sy ahmadss99@yahoo.com
Trims,salam

Bba Agro said...

Bagaimana cara saya bisa mendapatkan bibit zaitun saya dari riau tlg hub saya 085265555047

zoeysh said...

Menyenangkan sekali melihat ini, saya rasa saya perlu beberapa bantuan saudara Noer Rahmad Hamidi agar kami dapat membudidayakan tanaman ini. Kami dr Sumatera Barat ini alamat email kami: arman_zoeysh@gmail.com trimakasih.

zoeysh said...

Menyenangkan sekali melihat ini, saya rasa saya perlu beberapa bantuan saudara Noer Rahmad Hamidi agar kami dapat membudidayakan tanaman ini. Kami dr Sumatera Barat ini alamat email kami: arman_zoeysh@gmail.com trimakasih.

muhammad syahreza said...

Saya ada tanah di Sumbar, silahkan die-mail ke : muhammadsyahreza@gmail.com

togubu said...

Assalammualaikum wr wb, saya sangat tertarik dan insya Allah ingin juga menanam pohon zaitun , kebetulan ada lahan di daerah jonggol , bagaimana caranya utk bisa bekerjasama utk budidaya pohon zaitun ataupun pohon kurma, ini alamat email saya togubu@gmail.com
Wassalam
Iwan Togubu

togubu said...
This comment has been removed by the author.
togubu said...
This comment has been removed by the author.
Lim 2 said...

Terimakasih Atas Informasi nya
Kami Juga Menyediakan Polybag Untuk Bibit Tanaman
Bila Minat Hub: 0852-3392-5564 / 0877-0282-1277 / 0812-3258-4950
Atau www.polybag99.com

g 3f said...
This comment has been removed by the author.
g 3f said...

Alhamdulillah kami memiliki lahan kosong 30 hektar kurang lebih.. insyaAllah kami mampu melipat gandakan lahan yang di butuhkan.. kami tertarik untuk budidaya tanaman zaitun ini.. mohon bantuan Tata Cara budidaya tanaman ini sampai pengolahan ke end product.. mohon bantuan email ke gusnadi.fitrianto@gmail.com

N Saputra said...

Ass.wr.wb
Saya berharap bapak bapak dan ibu ibu yang sudah memiliki kebun zaitun.. saya bersedia membeli untukan keperluan penelitian dan antivirus di United kingdom dan italy.... yang saya perlukan Olive Zippen Seeds dalam 1 sachet berat 300 grm. Email ke nosaputraa.ns@gmail.com trims.

fadyan yan said...

Alhamdulillah saya sudah menggeluti beberapa tanaman alqur'an yang diantaranya adakah Kurma dan Tin, cuma yg selama ini memang belum saya punya adalah Zaitun karna keterbatasan komunikasi & informasi. tanaman kurma dan tin saya sudah mulai membibitkan 3 bulan yg lalu, dan hasilnya alhamdulillah sudah mulai banyak bibit yg sudah saya punya dari kurma tersebut. dan untuk zaitunnya saya mohon bantuannya bagaimana cara mendapatkan bibitnya, Mohon si share ke email saya di mitracomputer2@gmail.com Jazaakallahu khairan...!

Unknown said...

Assalamualaikum, Kami inshaAllah tertarik, mohon dapat di email ke wmariane98@yahoo.com, terimakasih

Putri Athaillah said...

Assalamualaikum, Kami inshaAllah tertarik, mohon dapat di email ke wmariane98@yahoo.com, terimakasih

Rental Tulus Harapan said...

Assalamualaikum Wr.Wb. saya baru saja nonton tentang palestina yg sangat dibudidayakan pohon zaitun. Mohon info, supaya saya dapat ikut melestarikannya dan turut memberi manfaat. Salam. thcomraya@gmail.com

Sofia Firda said...

Assalamu'alaikum, saya tertarik dengan tanaman zaitun. Bagaimanakah cara mendapatkan bibitnya dan tempat pengambilannya dimana?
Pasar mana saja yang menerima buah zaitun??
Terimakasih..

Fandin Learning Center said...

Tertarik dengan pohon satu ini. Mohon info pengembanganya. Semoga bisa dikembangkan juga di Lampung yang panas.

PKBM FLC ( fandinlearningcenter@gmail.com )

wawan said...

Mustahil pohon zaitun dapat berbuah di indonesia, tapi layak ditanam sebagai pohon yg di berkahi.

Tanah berkapur yg mengandung magnesium dan kalsium tinggi, di sukai zaitun untuk berkembang tumbuh dg baik.

As'adi Febrian said...

mohon infonya admin...
saya tertarik untuk menjadikannya bisnis...
email:asadi.febrian@gmail.com

Winaldi Anggara said...

Asalammualaikumwarohmatullahiwabarakatu saya tertarik ingin membudidayakan pohon zaitun. mohon informasinya 085694260006

FIRMAN AGUNG.R. said...

Emang bisa zaitun berbuah dan subur di indonesia ?

Unknown said...

hnabil2212@gmail.com

cepi ramdan said...

Assalam Wualikum , saya tertarik pada manfaatnya mohon dishare cara sama buahnya ( cramdan17@gmail.com)

muhlizar sh said...

assalmualaikum saya dari medan tertarik untuk menanam pohon zaitun bagai mana saya bisa dapat bibit dan cara toeri penanamannya. muhlizarsh11@gmail.com

arief_rizfad said...

saya ingin mencari bibit zaitun berkualitas untuk di budidayakan di kalimantan, tks.

mohon informasinya arief.rizfad@gmail.com / 085250474876

prayitno yuwono said...

saya tertarik untuk mengikuti pelatihannya

email saya 3saudara3@gmail.com

Post a Comment