Agribisnis Indonesia by Noer Rachman Hamidi

menghidupkan Bumi-Nya yang mati...

Posted by Noer Rachman Hamidi


Allah SWT menggambarkan umat terbaik (QS 3:110) yaitu umat Muhammad, Allah SWT menggunakan perumpamaannya seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas tersebut menjadi batang yang kuat dan terus membesar – tanaman yang menyenangkan bagi penanamnya (QS 48:29).

Perumpamaan ini selain memberikan semacam standar kwalitas umat yang seharusnya, juga menyimpan pelajaran tentang bercocok tanam yang baik tahap demi tahap. Mulai dari pemilihan biji yang baik, perkembangan tunas dan pembesaran batang – sampai kepada keindahan hasilnya.

Bahkan ketika Allah hendak menjelaskan tentang proses menghidupkan yang mati – agar kita meng-imani adanya kehidupan berikutnya setelah kehidupan yang ini - bersamaan dengan pelajaran keimanan ini - Allah juga selipkan pelajaran pertanian yang sangat komplit dari mulai bumi yang mati,  jenis-jenis tanaman yang seharusnya ditanam sampai pada urut-urutan penanaman.

Rangkaian ayat-ayat yang senada dengan surat Yaasiin 33-35 yang sudah banyak saya bahas sebelumnya, ada di rangkain ayat-ayat dari Surat Qaaf ayat 9-11 berikut :

“Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam, dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun, untuk menjadi rezeki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan.”

Perhatikan konsistensi ayat-ayat di surat Qaaf tersebut dengan yang ada di surat Yaasiin. Jenis tanaman yang digunakan untuk menghidupkan bumi yang mati, sampai urut-urtannya sama – yaitu dari biji-bijian kemudian kurma.

Bila saja para petani dan para pengambil keputusan di bidang pertanian negeri ini belajar dari ayat-ayat tersebut kemudian juga mengamalkannya, maka insyaAllah negeri ini tidak akan kekurangan pangan, tidak akan kehilangan kesuburan, kesejukan dan keindahannya.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana kita bisa serius mentadaburi ayat-ayat tersebut untuk meningkatkan keimanan kita tetapi pada saat yang bersamaan juga mengamalkannya untuk tugas manusia memakmurkan bumi ? tidak ada jalan lain kecuali kita harus mau ber-exercise, bukan hanya dalam meningkatkan pemahaman semata, tetapi juga ketrampilan dalam mengamalkannya. InsyaAllah.

agribisnis indonesia, alfaafa, sejarah alfaafa, desain pertanian qurani, resolusi pertanian, resolusi peternakan, budidaya tanaman zaitun, budidaya tanaman kurma, membangun ketahanan pangan, kemakmuran umat memakmurkan petani kebun quran

Description: menghidupkan Bumi-Nya yang mati...
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: menghidupkan Bumi-Nya yang mati...
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel menghidupkan Bumi-Nya yang mati... ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://www.agribisnis-indonesia.com/2015/07/menghidupkan-bumi-nya-yang-mati.html

Bookmark and Share

0 comments... Baca dulu, baru komentar

Post a Comment